Saturday , November 28 2020
loading...
Home / Wisata Budaya / Yuk Wisata Budaya Di Candi Cangkuang Di Garut
Candi-Cangkuang

Yuk Wisata Budaya Di Candi Cangkuang Di Garut

Candi Cangkuang Di Garut

Candi Cangkuang – Hai Sobat TnT, Indonesia adalah negara yang kental dengan budaya nya, bahkan budaya negara kita ini bisa bilang salah satu yang terbaik di dunia. Banyak sekali situs peninggalan budaya kuno yang tersimpan di daratan Indonesia. Situs – situs budaya ini lah yang menjadi incaran para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Situs – situs tersebut menyebar mulai dari Sabang sampai Merauke. Dan salah satu Situs budaya yang sangat terkenal di Indonesia adalah Candi Cangkuang.

Candi Cangkuang Adalah sebuah candi yang berada di Kampung Pulo, wilayah Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat. Dan inilah situs Candi Pertama yang Ditemukan Ditanah Sunda. Candi ini sendiri bersebelahan dengan makam Embah Dalem Arief Muhammad, sebuah makam kuno  pemuka agama Islam yang dipercayai sebagai leluhur penduduk daerah Cangkuang.

Desa Cangkuang sendiri dikelilingi oleh empat gunung besar yang ada di Jawa Barat, seperti Gunung Haruman, Gunung Kaledong, Gunung Mandalawangi, dan Gunung Guntur. Nama Candi Cangkuang sendiri diambil dari nama desa setempat dimana candi ini di temukan.

Kata Cangkuang sendiri adalah nama tanaman sejenis pandan, yang banyak terdapat di sekitar makam Embah Dalem Arief  Muhammad, leluhur kampung Pulo. Daun Cangkuang dapat dimanfaatkan untuk membuat tudung, tikar atau pembungkus. Cagar Budaya Cangkuang terletak disebuah daratan ditengah danau kecil atau dalam bahasa Sunda disebut Situ, sehingga untuk mencapai Candi Cangkuang atau Situ Cangkuang tersebut melalui jalur utama, pengunjung harus menyeberang dengan menggunakan rakit.

Aslinya kampung Pulo ini dikelilingi seluruhnya oleh danau, akan tetapi kini bagian utara saja yang masih berupa dana, bagian selatan nya telah berubah menjadi lahan persawahan. Selain candi, di pulau ini juga terdapat pemukiman adat Kampung Pulo, yang juga menjadi bagian dari kawasan cagar budaya.

Candi-Cangkuang

Bangunan Candi Cangkuang yang sekarang dapat kita saksikan merupakan hasil pemugaran yang diresmikan pada tahun 1978. Candi ini berdiri di sebuah lahan persegi empat yang berukuran 4,7 x 4,7 m dengan tinggi 30 cm. Kaki bangunan yang menyokong pelipit padma, pelipit kumuda dan pelipit pasagi ukurannya 4,5 x 4,5 dengan tinggi 1,37 m. Disisi timur terdapat penampilan tempat tangga naik yang panjangnya 1,5 m dan lebar 1,26 m.

Tubuh bangunan candi bentuknya persegi empat 4,22 x 4,22 m dengan tinggi 2,49 m. Disisi utara terdapat pintu masuk yang berukuran 1,56 m (tinggi) x 0,6 (Lebar). Puncak candi ada dua tingkat, persegi empat 3,8 x 3,8 m dengan tinggi 1,56 m dan 2,74 x 2,74 m  yang tingginya 1,1 m. Didalamnya terdapat ruangan berukuran 2,18 x 2,24 m yang tingginya 2,55 m.  Di dasar nya terdapat cekungan berukuran 0,4 x 0,4 m yang didalamnya 7 m.

Candi-Cangkuang.

Di antara sisa – sisa bangunan candi, ditemukan arca pada tahun 1800-an dengan posisi sedang bersila diatas padmasana ganda. Kaki kiri menyilang datar yang alasnya menghadap ke sebelah dalam kanan. Kaki kanan menghadap ke bawah beralaskan lapik. Di depan kaki kiri terdapat kepala sapi (nandi) yang telinganya mengarah ke depan. Dengan adanya kepala nandi ini, para ahli menganggap bahwa ini adalah arca Siwa. Kedua tangannya menengadah diatas paha. Pada tubuhnya terdapat penghias tubuh, penghias dada dan telinga.

Keadaan arca ini sudah rusak, wajahnya datar bagian tangan hingga kedua pergelangan tangannya hilang. Ukuran Arca itu sendiri adalah Lebar wajah 8 cm, lebar pundak 18 cm, lebar pinggang 9 cm, padmasana 38 cm (tingginya 14 cm), lapik 37 cm dan 45 cm (tinggi 6 cm dan 19 cm), tinggi 41 cm.

Nah begitulah sedikit ulasan tentang Situs Budaya Candi Cangkuang, bagaimana anda berminat mengunjunginya?

Terimakasih sudah membaca artikel diatas, semoga artikel diatas bermanfaat untuk kalian semua dan menambah referensi tempat pariwisata yang akan anda kunjungi. Salam Sobat TnT..

About fajar

fajar

Check Also

taman-mini-indonesia-indah-tmii

Wisata Budaya Taman Mini Indonesia indah (TMII) – Jakarta

Wisata Budaya Taman Mini Indonesia indah (TMII) – Jakarta Taman Mini Indonesia Indah (TMII) – …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *