Wednesday , October 18 2017
loading...
Home / Trip / Wisata Mengagumkan Taman Nasioanl Teluk Cenderawasih – Wisata Di Papua
wisata-taman-nasional-teluk-cenderawasih.jpg

Wisata Mengagumkan Taman Nasioanl Teluk Cenderawasih – Wisata Di Papua

Eksotisme Taman Nasional Teluk Cenderawasih

TipsnTrip.com | Wisata Taman Nasional Teluk Cenderawasih di Papua – Hello sobat TnT di seluruh Negara Indonesia. Negara Indonesia terkenal akan kekayaan alamnya bukan guys dari Sabang sampai Merauke, dan bukan hanya itu  saja tetapi banyak tempat wisata yang indah di Indonesia. Salah tempat wisata yang wajib sobat TnT kunjungi yaitu wisata alam Taman Nasional Teluk Cenderawasih di Papua. Meskipun provinsi Papua ini berada di ujung Timut Indonesia, tetapi tidak akan kalah tentang pesona wisata yang eksotis. Di papua juga terdapat banyak wisata yang sobat TnT ketahui mulai dari Gunung, Pantai, Danau dan Teluk. Namun selain ada wisata alam, di Papua ini juga terkenal akan wisata adat dan juga budaya.

Taman Nasional Teluk Cendewasih berlokasi di Kabupaten Teluk Wondama, Taman Nasional ini membentang luas dari mulai Timur Semaenanjung Kwatisore hingga Utara Pulau Rumberpon. Jika kita simpulkan dan menarik garis paanjang pantai hingga 500 KM, cukup panjang dan luas kan sobat TnT. Dan Taman Nasional Teluk Cenderawasih merupakan salah satu taman nasional yang terluas di Negara Indonesia, untuk luas taman tersebut mencapai 1.453.000 hektar. Waw luas sekali kan sob. Dengan luas taman nasional tersebut di dalamnya terdiri dari daratan dan pesisir pantai yang mencapai (0,9%), daratan pulau dan pesisir pantai dengan luas (3,8%), terumbu karang dengan nilai luas (5,5%), serta dengan perairan lautan sebesar (89,8%).

wisata-taman-nasional-teluk-cenderawasih.jpg

Dan dengan luas taman nasional tersebut juga tentunya terdapat beraneka ragam flora dan fauna di dalamnnya. Sebagai taman nasional yang terluas di Indonesia tentunya sobat  TnT yang berkunjung ke sana akan di suguhi dengan pengalaman yang sangat seru serta menegangkan yang hampir tidak ada di rempat  wisata Indonesia lainnya. Sobat TnT akan disuguhkan dengan bermacam-macam flora baik dari burung dan juga ikan, di wisata nasional ini terdapat skitar 36 spesies burung dan 196 jenis moluska. Tetapi yang utamanya lagi di tempat wisata ini adalah terdapaat banyak sekali ikan yang jarang anda temui di perairan lain, karena tempat wisata ini menjadi kehidupan berbagai macam jenis ikan dengan nilai spesies sekitar  209.

Jenis ikan tersebut diantaranya adalah butterflyfish, angelfish, dan juga anemofish. Wisata Taman Nasional teluk Cenderawasih ini di resmikan sejak tahun 1993 yang terkenal dengan kekayaan jenis ikannya. Tak hanya itu guys, taman nasional ini juga menjadi tempat wahana untuk perkembangbiakkannya para penyu dengan jenis mulai dari penyu hijau, penyu sisik, penyu lekang dan juga penyu belimbing. Yang berbeda di tempat wisata taman nasional teluk cenderawasih yaitu sobat TnT akan melihat dan menyaksikan sesuatu yang sangat langka sekali dengan adanya Duyung, Ketam Kelapa, Lumba-lumba, Paus Biru, dan juga Hiu yang kerap bermunculan di lautan teluk cenderawasih ini.

Yang lebih serunya lagi adalah jika sobat TnT bisa berenang bersama Hiu tersebut dan memanfaatkan moment yang jarang sekali terjadi. Ups tenang saja sobat TnT jika sobat berenang dan melakukan penyelaman untuk melihat langsung Hiu tersebut dengan jarak dekat di jamin aman ko. Karena hiu tersebut sudahlah jinak dan juga tidak agresif, di sebabkan hiu ini tidak memiliki gigi yang tajam melainkan gigi halus di ujung mulutnya. Kenapa ya guys Hiu ini tidak memiliki gigi yang tajam, jika di teliti Hiu tersebut hanya memakan Ikan Puri dan Plaankton saja. Untuk cara mereka makan pun dengan cara menyedot air laut untuk menjaring ikan-ikan kecil yang berada di dekatnya, maka dari itu hiu ini terbilang cukup lambat untuk pertumbuhannya. Karena Hiu tersebut akan di bilang subur jika sudah mencapai umur 30 tahun.

wisata-alam-taman-nasional-teluk-cenderawasih.jpg

Jika kita melihat pertumbuhannya baru di katakan subur pada usia 30 tahun mungkin sangatlah lama, tapi sobat TnT perlu ketahui bahwa Hiu tersebut bisa hidup smapai usia 150 tahun. Dan di taman nasional teluk cenderawasih terdapat sekita 40 Hiu maka dari itu marilah kita lestarikan dan jaga baik-baik hiu tersebut agar ke indahan flora dan faunanya tetap terjaga. Jika sobat TnT berkunjung ke taman nasional tersebu jangan berhenti untuk melihat keindahan lautan saja, karena di wisata taman nasional ini juga terdapat  tempat wisata  berupa Goa. Ke unikan Goa ini adalah sobat TnT  akan memasuki Goa dalam air yang kedalamannya hanya 100 kaaki saja, dan Goa ini merupakan suatu peninggaalan jaman Purba pada Abad 18 serta memiliki sumber air panas yang mengandung belerang.

Apakah hanya itu saja ke indahan Goa tersebut ? Sabar sobat TnT kami akan memberi tahu keindahan lainnya yaitu sobat akan disuguhkan dan melihat  langsung kerangka leluhur etnik Wandau yang di percaya oleh warga sekitar yang pertama kalinya datang ke pulau tersebut. Pada Pulau Numfor sobat TnT juga dapat melihat tengkorak manusia purba lainnya serta piring antik dan juga peti yang  sangat  tinggi nilai budayanya.

Wah seru sekali bukan sobat TnT jika berkunjung ke wisata alam taman nasional teluk cenderawasih ini.  Jangan hanya baca saja artikel yang TipsnTrip.com berikan, langsung saja buktikn sendiri keindahan di sana yang dapat sobat TnT rasakan. Dan mulai dari sekarang sobat TnT menabung untuk berkunjung ke wisata taman nasional itu, mungkin bagi sobat TnT yang berada di Pulau lain membutuhkan biaya yang banyak untuk dapat sampai ke sana. Tetapi tenang saja sobat TnT, TipsnTrip.com selain menjadi referensi tempat wisata kami pun menyediakan jasa boking ticket pesawat dan kapal serta kami juga menyediakan boking hotel.

Ingat ya sobat TnT, Indonesia itu “Indah”.

About Budi

Budi

Check Also

pantai-air-manis

Pantai Air Manis Lokasi Batu Malin Kundang – Padang

Pantai Air Manis Lokasi Batu Malin Kundang – Padang Pantai Air Manis – Hai Sobat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>