Wednesday , April 25 2018
loading...
Home / Tempat Wisata Favorit / Eksotisnya Pulau Komodo – Nusa Tenggara Timur
Pulau-Komodo

Eksotisnya Pulau Komodo – Nusa Tenggara Timur

Eksotisnya Pulau Komodo – Nusa Tenggara Timur

Pulau Komodo - Hai Sobat TnT, Indonesia adalah salah satu negara kepulauan terbesar yang ada di dunia ini. Ribuan pulau yang terbentang dari Sabang sampai ke Merauke. Banyak sekali pulau – pualau di Indonesia yang menjadi kebanggaan pariwisata di Indonesia, mulai dari Pulau Sumatera sampai Papua itu menyimpan potensi pariwisata yang sangat luar biasa dengan beribu keindahan di dalamnya. Salah satu Pulau yang sangat terkenal di Dunia adalah Pulau Komodo. Pulau yang menjadi salah satu Situs Warisan Dunia  UNESCO ini sangat lah indah.

Pulau Komodo ini terletak di kepulauan Nusa Tenggara. Buat kalian yang belum tau, Pulau Komodo ini adalah satu – satu nya pulau yang menjadi Habitat utama Komodo. Kawasan Pulau Komodo sendiri merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang di kelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Subawa dan di pisahkan oleh Selat Sape.

Pulau-Komodo

Secara administratif Pulau Komodo ini termasuk di dalam wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT. Pulau ini merupakan ujung paling barat dari Provinsi Nusa Tenggara Timur dan langsung berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat atau NTB.

Di dalam area pulau ini terdapat kurang lebih sekitar 1.300 ekor Komodo dan di Pulau ini Komodo sangat lah baik dalam berkembang biak hingga Agustus 2009. Bukan hanya itu saja, ditambah juga dengan pulau lainnya, seperti Pulau Rinca dan Gili Motang. Jumlah Komodo keseluruhan kurang lebih mencapai 2.500 ekor Komodo, weeeew luar biasa ya…hahahhaa

Bukan hanya Komodo saja yang menjadi andalan di pulau ini, akan tetapi ada juga eksotis nya flora di pulau ini juga menjadi andalan untuk para wisatawan untuk berkunjung. Seperti misalnya, Kayu Sepang yang oleh masyarakat sekitar di jadikan sebagai obat dan juga bahan pewarna alami, pohon nitak ini atau sterculia oblongata di yakini oleh masyarakat sekitar sebagai obat dan bijinya gurih seperti kacang goreng. Emmm jadi mau ngerasain. hehehe

Pulau-Komodo.

Sekitar tahun 191 orang  Belanda menjuluki pulau disisi selatan Pulau Nusa Tenggara Timur ini dengan julukan Pulau Komodo. Semua ini berawal dari seorang Letnan asal Belanda yang bernama Letnan Steyn Van Hens Broek, yang mendaoatkan laporan bahwa di pulau ini terdapat hewan yang sangat besar yang menyerupai Naga, setelah itu Letnan tersebut pun membuktikannya. Setelah itu Letnan Steyn datang ke pulau tersebut dan membunuh satu Komodo untuk di bawa dan di dokumentasi kan di Museum and Botanical di Bogor untuk di teliti.

Pada tahun 2009, Taman Nasional Komodo dinobatkan menjadi finalis “New Seven Wonders of Nature” yang baru di umumkan pada tahun 2010 melalui voting secara Online. Dan pada tanggal 11 November 2011, New Seven Wonders telah di umumkan pemenang sementara dan Taman Nasional Komodo masuk kedalam nya bersama dengan, Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan Table Mountain. Dan yang lebih membanggakan adalah Taman Nasional Komodo mendapatkan suara terbanyak. Luar biasa bukan…hehehe

Bagaimana luar biasa bukan Pulau Komodo,? Buruan deh berkunjung ke pulau ini, agar kalian tau bahwa Indonesia Itu Indah Sob..

Terimakasih sudah membaca artikel diatas. Semoga artikel diatas bermanfaat dan membantu anda dalam mencari referensi tempat pariwisata. Salam Sobat TnT..

About fajar

fajar

One comment

  1. The most beautiful place in the world!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>