Friday , June 23 2017
Home / Wisata Budaya / Obyek Wisata Budaya Makam Mataram Kotagede Jogja – Wisata Yogyakarta
wisata-budaya-kotagede-jogja.jpg

Obyek Wisata Budaya Makam Mataram Kotagede Jogja – Wisata Yogyakarta

Wisata Budaya Kotagede Di Jogja

Tipsntrip.com | Obyek Wisata Budaya Kota Gede Di Yogyakarta – Hello sobat TnT, pernahkan berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang biasanya kita sebut dengan Jogja. Pastinya sobat TnT sudah pernah mengunjungi kota ini dan berwisata di kota ini, namun pernahkan sobat TnT mengunjungi wisata budaya di Jogja ? Perlu sobat TnT ketahui bahwa di Daerah Istimewa Yogyakarta ini banyak seklai terdapat wisata budaya yang belum sepenuhnya sobat TnT ketahui, salah satu dari wisata tersebut adalah wisata budaya Kotagede di Jogja.

Sebenarnya Kotagede ini bukan hanya wisata biasa yang sobat TnT ketahui, namun kotagede ini memiliki sejarah. Di mana dahulunya kotagede ini adalah wilayah hutan lebat dan hingga berjalannya waktu kota ini menjadi besar yang menjadi tempat singgasana Kerajaan Mataram. Kotagede ini telah dibangung pada tahun 1575 dan yang sekarang menjadi budaya karena meninggalkan makam keramat dari para pendahulu Kerajaan Mataram tersebut.

Pada saat itu Ibu kota kerajaan mataram di pindahkan oleh Sultan Agung cucu dari Panembahan Senopati ke Kerta. Namun Ibu kota kerajaan ini juga sempat berpindah-pindah hingga beberapa kali, dan perpindahan tersebut antara lain ke Plered dan Ke Karta Sura. Setelah melakukan perjanjian pada Tahun 1755 maka kerajaan Mataram terpisah menjadi dua bagian dan antar lainnya adalah Kerajaan Kasunanan dan Kasultanan Yogyakarta.

wisata-budaya-kotagede-jogja.jpg

Di Kotagede ini terdapat makam Raja Mataram Islam yang pertama kali di makamkan di tempat ini. Dan Raja tersebut adalah Panembahan Senopati, serta juga terdapat makam keluarganya. Raja Panembahan Senopati wafat pada tahun 1601 yang dimakamkan berdekatan dengan ayahandanya. Bagi sobat TnT yang berkunjung ke tempat ini akan malihat keunikan makam raja mataram, serta mengetahui adat dan istiadat berziarah ke makan raja mataram tersebut.

Bukan hanya itu saja, sobat TnT juga akan di suguhkan oleh keindahan pohon beringin besar. Dan nama pohon tersebut adalah Pohon Sunan Kalijaga, serta sobat TnT bisa melihat Raja-raja siapa saja yang di makamkan di kotagede tersebut. Sebenarnya jika sobat TnT berkunjung ke wisata budaya Kotagede di Jogja akan menambah pengetahun sobat TnT tentang sejarah-sejarah di Indonesia, namun untuk lebih jelasnya lagi tentang wisata budaya makam raja mataram di kotagede yogyakarta mari kita simak di bawah ini.

wisata-budaya-makam-raja-mataram-kotagede.jpg

Wisata Budaya Makam Raja Mataram

Untuk sobat TnT yang akan mengunjungi makam raja mataram di kotagede lokasinya tidak jauh dari pasar kotagede yang kurang lebih jaraknya adalah 100 meter. Sebelum sesampainya ke sana sobat TnT akan melihat pemandangan yang sangat indah dengan sejarahnya di mana terdapat tembok besar serta sangat kokoh sekali. Jika sobat TnT sudah memasuki kompleks makam mataram maka akan di suguhkan dengan keindahan arsitektur yang dimana masih memiliki ciri khas dari arsitek budaya Hindu. Arsitek tersebut di namakan Gapura Paduraksa dimana bahan tersebut terbuat dari kusen yang telah di ukir serta berada di sebelah selatan Masjid Besar Mataram.

Di Atas gapura memiliki ukiran kepala Kala berkuping ganda yang terbuat dari batu kapur. Dan pada setiap gapuranya memiliki ukiran dan pintu yang sangat tebal serta dijaga oleh sejumlah Abdi yang berpakaian adat Jawa. Untuk sobat TnT yang ingin masuk dan melihat makam tersebut maka sobat TnT akan melewati 3 gapura terlebih dahulu, namun ada hal unik yang perlu sobat TnT ketahui. Jika sudah melewati 3 garpura dan ingin masuk ke makam, sobat  di wajibkan memakai pakaian adat jawa yang telah di sediakan di sana.

Adat Dan Istiadat Berziarah Ke Makam Raja Mataram

Salah satu adat dan istiadatnya adalah yang kami beritahu tadi wajib menggunakan busana pakaian adat jawa. Dan bagi pengunjung yang ingin masuk ke makam raja mataram tersebut hanya di perbolehkan pada hari Senin, Kamis, Jumat dan Minggu saja, serta pada jam 08:00 hingga 16:00 WIB. Adat lainnya untuk masuk ke makam raja mataram adalah sobat TnT tidak di perbolehkan untuk memfoto atau memotret makam tersebut, serta untuk sobat TnT wanita juga tidak di perkenankan memakai perhiasan emas.

Di dalam makam raja tersebut ada beberapa tokoh yang di makamkan di tempat tersebut, tokoh tersebut di antara lainnya adalah Sultan Hadiwijaya, Ki Gede Pemanahan, Panembahan Senopati berserta keluarga besarnya. Jika sobat TnT sudah memasuki makam tersebut makan akan merasakan suasana yang sangat sunyi dan sepi sekali, karen di makam raja mataram ini sangatlah di jaga kelestariannya dengan sangat baik.

Pohon Beringin Sultan Kalijaga

Sejarah dari pohon berinngin ini adalah pohon di mana yang menanamnya adalah Sultan Kalijaga sendiri secara langsung, dan untuk usia pohon tersebut sudah mencapai usia 500 Tahun. Pohon beringin ini sangatlah besar dengan memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter dan jika kita perhatikan pohon beringin ini.

masjid-agung-mataram-kotagede.jpg

Masih banyak lagi sejarah yang akan kita dapatkan jika berkunjung ke wisata budaya makam raja mataram di kotagede jogja. Di makam tersebut juga terdapat pemandian dan di dalamnya terdapat ikan lele yang sangat besar sekali dengan ukuran kurang lebih 100 cm. Ikan lele tersebut dinamakan Ikan Lele Bule, dan di kolam tersebut juga terdapat ikan lele berwarna putih dengan bercak hitam yang menurut kita sangat langka sekali untuk di temukan.

Jika sobat TnT ingin menambah pengetahuan tentang sejarah di Indonesia, sobat TnT bisa mendatangi salah satu wisata budaya kotagede di Jogja. Langsung saja guys datagi langsung tempat tersebut, dan rasakan memakai busana adat Jawa jika berkunjung ke makam tersebut. Untuk sobat TnT yang ingin mengetahui sejarah Indonesia lainnya bisa baca artikel wisata budaya lainnya di TipsnTrip.com, karena kami adalah sumber referensi untuk sobat TnT berwisata maupun belajar mengenai berwisata.

About Budi

Budi

Check Also

taman-mini-indonesia-indah-tmii

Wisata Budaya Taman Mini Indonesia indah (TMII) – Jakarta

Wisata Budaya Taman Mini Indonesia indah (TMII) – Jakarta Taman Mini Indonesia Indah (TMII) – …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>