Thursday , September 21 2017
loading...
Home / Wisata Budaya / Yuk Wisata Budaya Ke Monas
monumen-nasional

Yuk Wisata Budaya Ke Monas

Yuk Wisata Budaya Ke Monas

Monumen Nasional (Monas) - Hai Sobat TnT, kalau kita membicarakan tentang Indonesia tentu saja kita tak akan bisa lupa dengan sejarah sebelum kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Banyak hal yang kakek dan nenek kita lewati agar bisa mencapai kemerdekaan. Nah, buat kalian yang ingin mengetahui banyak sejarah tentang Indonesia langsung saja berkunjung ke Monumen Nasional atau yang biasa di sebut dengan Monas, karena di sana anda akan mengetahui banyak hal tentang sejarah bangsa ini.

Tugu Monas ini adalah monumen peringatan yang memiliki tinggi 132 meter atau 433 kaki yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari tangan Hindia Belanda. Tentu saja hal ini sangat membanggakan rakyat Indonesia khusus nya warga yang tinggal di daerah Jakarta tempat berdirinya tugu ini.

Monas Dibangun Pada Tanggal 17 Agustus 1961 dibawah pemerintahan presiden pertama Indonesia Soekarno. Tugu Monas sendiri di buka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Di puncak tugu Monas dihiasi lidah api yang berlapiskan emas murni yang melambangkan semangat perjuangan yang berkobar-kobar menyala seperti kobaran lidah api.

Lokasi Monas adalah terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Indonesia. Selain sebagai tempat mengenal sejarah Indonesia anda juga dapat menaiki puncak tugu Monas dan melihat pemandangan laut Jakarta dari atas tugu ini. Untuk mencapai keatas di sediakan Lift untuk pengunjung Monas. Monumen dan Museum ini buka pada pukul 08.00 Wib dan Tutup pada pukul 15.00 WIB dan pada hari senin di minggu terakhir, kawasan Monumen Nasional ditutup untuk aktivitas umum.

Di bagian dalam bawah tugu ini terdapat Museum yang menampilkan berbagai jenis peninggalan sejarah perjuangan rakyat Indonesia saat merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Ruang besar museum itu sendiri adalah 80×80 meter dan dapat menampung pengunjung hingga mencapai 500 orang.

monumen-nasional

Ruangan besar berlapis marmer ini terdapat 48 diorama ke empat sisinya dan 3 diorama di tengah hingga jumlah nya mencapai 51 diorama. Diorama-diorama tersebut menampilkan sejarah Indonesia, mulai dari masa pra sejarah hingga sampai di Orde Baru. Diorama ini di mulai dari sudut timur berjalan searah jarum jam yang menelusuri sejarah dari Republik Indonesia ini.

Diorama ini di mulai dari masa pra sejarah yang ada di Indonesia, masa kemaharajaan kuno seperti kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Majapahit. Setelah itu, masa penjajahan bangsa Eropa yang di susul dengan perlawanan para pahlawan nasional pra kemerdekaan melawan VOC dan pemerintahan Hindia Belanda.

Diorama ini akan terus berlangsung terus hingga masa pergerakan nasional Republik Indonesia di awal abad ke 20, pendudukan negara Jepang, perang kemerdekaan dan Revolusi, hingga masa Orde Baru yang di pimpin oleh presiden ke dua Indonesi yaitu Soeharto,

monumen-nasional

Bukan hanya sebagai tempat wisata budaya, hampir di setiap malam pergantian tahun monumen ini diramaikan dengan acara-acara yang di bawakan oleh artis-artis kenamaan yang ada di Indonesia. Tempat ini sangat nyaman untuk kalian yang ingin berwisata dengan pacarnya, karena di kawasan Monumen Nasional ini terdapat taman yang dihiasi oleh pohon-pohon yang menjulang tinggi dan ditambah beradanya hewan Rusa di taman ini.

Terimakasih sudah membaca artikel diatas, semoga artikel diatas bermanfaat untuk kalian semua. Salam Sobat TnT..

About Budi

Budi

Check Also

wisata-budaya-kampung-baduy.jpg

Wisata Budaya Kampung Suku Baduy – Wisata Banten

Wisata Budaya Suku Baduy Tipsntrip.com | Obyek Wisata Budaya Baduy Di Banten – Hello sobat …

2 comments

  1. Tuguh monumem nasional salah satu kebanggaan bangsa Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>