Thursday , July 19 2018
loading...
Home / Trip / Keindahan Goa Lawang Kuari di Kalimantan – Indonesia
goa-lawang-kuari

Keindahan Goa Lawang Kuari di Kalimantan – Indonesia

Keindahan Goa Lawang Kuari di Kalimantan – Indonesia

Goa Lawang Kuari - Hai Sobat TnT, kita patut berbangga menjadi warga negara Indonesia, karena pesona keindahan yang dimiliki oleh Indonesia sangat luar biasa indahnya. Mulai dari ujung barat Indonesia sampai ujung timur Indonesia memiliki keindahannya masing-masing. Meski memiliki banyak keindahan tetapi banyak tempat yang indah yang belum di ketahui oleh banyak orang. Salah satu tempat yang sangat indah berada di salah sat pulau terbesar yang ada diIndonesia, yaitu pulau Kalimantan. Pulau yang memiliki luas Hutan Tropis salah satu terbesar di Dunia ini, menyimpan beribu keindahan yang layak di telusuri dan di jelajahi oleh kita semua. Salah satu keindahan yang ada di Pulau Kaliantan ini adalah Goa Lawang Kuari di Kalimantan Barat.

Lokasi Goa Lawang Kuari itu sendiri terletak di Dusun Kelilit, Desa Seberang Kapuas, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat. Lokasi Goa ini berada di tebing Sungai Kapuas. Di tebing tersebut terdapat tiga Goa berjejer (Lubang). Menurut kepercayaan warga sekitar, Goa pertama yang berada di ujung paling kanan (Hilir) ini milik  Suku Dayak, di bagian tengah di miliki oleh Suku Senganan (Melayu), dan bagian paling kiri (Hulu) di miliki suku Cina (Tionghoa). Tidak semua orang dapat memasuki Goa kecil tersebut. Menurut cerita warga sekitar sih yang berada di sekitaran Goa Lawang Kawari ini semakin dalam semakin membesar, bahkan bisa mencapai ketinggian manusia dewasa pada umumnya.

Keunikan dari Goa Lawang Kuari ini menjadi daya tarik wisatawan lokal dari dari dalam Kecamatan Sekadau Hilir maupun dari Kecamatan lainnya yang berada di luar Kecamatan Sekadau Hilir. Akan tetapi berkembang cerita di masyarakat lokal bahwa Goa Lawang Kuari memiliki Aura Mistis, bahkan terkadang ada beberapa orang yang datang ke Goa ini dengan niat dan hajat yang menurut ajaran islam itu syirik atau menyekutukan tuhan. Ada pengunjung yang sengaja datang ke Goa ini untuk meminta Barokah, seperti meminta di tambahkan rejekinya,kesehatan, jodah, dan masih banyak lainnya. Jika keinginan sudah terwujud maka ia akan kembali ke Goa tersebut dan memberikan Hajat atau dalam kepercayaan warga Sekadau di sebut Mulang Hajat. Hadeuh di jaman yang serba modern ini masih ada aja orang yang percaya dengan hal-hal seperti itu.

goa-lawang-kuari

Banyak cerita yang berkembang di masyarakat untuk memasuki kedalam perut Goa anda harus melalui banyak rintangan yang sangat berat, mulai dari tiarap, berjalan jongkok, dan barulah anda masuk ke dalam perut Goa yang luas. Di dalam perut Goa Lawang Kuari ini terdapat danau yang air nya sangat jernih sekali. Dari cerita turun menurun, Goa ini memiliki panjang yang sangat panjang. Bahak konon katanya panjang dari Goa ini bisa mencapai Kecamatan Tayan. Kemungkinan besar sih ada benarnya juga, karena menurut masyarakat Kecamatan Tayan, mereka memiliki Goa yang berada di tengah-tengah hutan.

Masyarakat Kecamatan Sekadau Hilir mempercayai bahwa Goa ini adalah tempat persembunyian dari Pangerang Agung dari Kerajaan Sekadau. Dengan rombongan peengikutnya, banyak cerita mengatakan bahwa beliau pergi meninggalkan Istana di Sunngai Barak. Desa Mungguk yang di sebabkan karena berselisih paham dengan Raja yang berkuasa pada saat itu. Dan pangaran dan para pengikutnya akhirnya di kejar oleh para prajurit kerajaan. Dan untuk menghilangkan jejak, pangeran ini menebarkan abu keseluruh pengikutnya untuk kemudian berubah menjadi batu. Weeeew ngeri juga tuh abu. hehehe

Jika anda ingin mengunjungi Goa Lawang Kuari ini dapat di jangkau dari kota Sanggau. Kurang lebih sekitar 7 km jika menggunakan kendaraan “Roda Dua” sampai ke Dermaga Apung. Tiga lanngkah dari dermaga kita akan menemukan pagar area Goa, kemudian menuju ke sebuah gerbang. Akan tetapi sungguh di sayangkan Gerbang Goa Lawang Kauari sudah tumbang. Setelah berjalan melewati beberapa anak tangga, anda akan bertemu dengan pendopo atau tempat yang biasa di gunakan untuk berristirahat para pengunjungnya. Dari tempat peristirahatan ini lah Goa Lawang Kauri ini terlihat yang berjarak 20 kaki. Pendopo tersebut lebih tepatnya dalah tumpukan batu-bat besar yang terlihat seperti di susun oleh manusia.

Bagai mana apakah anda tertantang untuk coba datang ke Goa Lawang Kuari ini,? lebih baik segara lah datang ke Goa ini agar kalian tau bahwa Indonesia itu indah Sob..

Terimakasih sudah membaca artikel diatas, semoga artike diatas bermanfaat untuk kalian semua. Salam Sobat TnT…

About fajar

fajar

Check Also

curug-cipamingkis

Pesona Keindahan Curug Cipamingkis – Bogor

Pesona Keindahan Curug Cipamingkis – Bogor Curug Cipamingkis - Hai Sobat TnT, Bogor adalah salah satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>