Wednesday , July 26 2017
Home / Trip / Wisata-Papua / Gunung Jayawijaya, Satu-satunya Tempat Bersalju Di Indonesia
gunung-jayawijaya-papua

Gunung Jayawijaya, Satu-satunya Tempat Bersalju Di Indonesia

Gunung Jayawijaya, Satu-satunya Tempat Bersalju Di Indonesia

Gunung Jayawijaya – Hai Sobat TnT, buat kalian yang memiliki hobi hiking atau mendaki gunung pasti mengerti dengan istilah Seven Summit. Apakah atau mengetahui bahwa salah satu gunung yang menjadi lokasi Seven Summit ada di Indonesia,? tentu saja ada. Gunung tersebut adalah Pegunungan Jayawijaya. Pegunungan Jayawijaya itu sendiri adalah rangkaian pegunungan yang membujur di Provinsi Papua, Inonesia. Pegunungan Jayawijaya adalah rangkaian pegunungan yang tertinggi di Indonesia, dengan puncak tertinggi nya adalah Puncak Jaya dengan ketinggian 4.884 mdpl (Meter Dibawah Permukaan Laut).

Dengan ketinggian yang mencapai 4.ooo lebih sudah pasti udara semakin menipis dan sudah pasti sangat dingin, maka dari itu diatas Puncak Jaya di lapisi oleh salju abadi yang tebal. Akan tetapi, ketebalan dari salju abadi itu semakin lama semakin menipis akibat ulah manusia yaitu Global Warming yang mengganggu udara yang ada di puncak jaya itu sendiri. Dinamakan rangkaian pegunungan karena puncak Gunung Jayawijaya memiliki beberapa puncak yang tentu saja lebih rendah dari puncak jaya, berikut ini adalah puncak gunung yang ada di Gunung Jayawijaya.

gunung-jayawijaya-papua

Puncak Gunung Jayawijaya

  • Puncak Mandala dengan ketinggian 4.760 mdpl
  • Puncak Trikora dengan ketinggian 4.730 mdpl
  • Puncak Indenberk dengan ketinggian 4.673 mdpl
  • Puncak Yamin dengan ketinggian 4.535 mdpl
  • Puncak Cartens Timur 4.400 mdpl

Untuk kalian yang ingin mendaki gunung ini, setahu saya harus mendaftar dari jauh-jauh hari. Bukan hanya dalam hal administratif saja tetapi anda juga harus menyiapkan tubuh anda agar tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada diri anda. Dengar-dengar mah sebelum anda mendaki gunung ini anda akan di suruh ikut pelatihan dalam hal ini menyangkut keselamatan anda. Selain itu anda juga harus mengantongi ijin dari pemerintah terkait yang berwenang. Hal ini di maksudkan untuk kebaikan pendaki, karena jalur yang akan di lewati bukan hanya lama, berbahaya dan sangat sulit untuk di tembus

Memang untuk mendaki Gunung Jayawijaya ini tidak lah murah, akan tetapi keindahan puncak Jayawijaya atau yang lebih di kenal di kalangan pendaki gunung sebagai Piramida Cartens yang mampu terdaftar sebagai salah satu dari tujuh puncak gunung tertinggi di ke tujuh benua atau Seven Summit yang sudah pasti menjadi impian para pendaki gunung di Indonesia atau bahkan di Dunia. Nama puncak Cartens itu sendiri diambil dari nama penemu nya yaitu Jans Cartens yang melihat adanya puncak gunung bersalju di kawasan tropis melalui kapal laut pada tahun 1623.

Gunung dengan predikat salah satu gunung tertinggi di seluruh benua yang ada di Dunia ini membuat banyak orang menjadi penasaran untuk menaklukkannya. Pegunungan ini mampu menarik banyak wisatawan asing yang penasaran dengan adaya gunung bersalju yang ada di ke tujuh benua di dunia. Menurut saya, jika kalian masih baru mendaki gunung, kami harapkan di pikirkan secara matang-matang dan mempersiapkan fisik untuk mendaki gunung salju ini. Lebih baik jika anda baru mendaki gunung jangan sekali-kali nekat mendaki gunung ini, karena di atas gunung sudah banyak menelan korban meninggal yang kurang mempersiapkan diri sendiri.

Bagaimana anda berminat untuk mendaki gunung jayawijaya,? silahkan mencoba dan semua itu balik lagi bertujuan untuk melihat bahwa Indonesia itu indah Sob..

Terimakasih sudah mengunjungi blog kami dan membaca artikel diatas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Salam Sobat TnT..

About fajar

fajar

Check Also

wisata-taman-nasional-teluk-cenderawasih.jpg

Wisata Mengagumkan Taman Nasioanl Teluk Cenderawasih – Wisata Di Papua

Eksotisme Taman Nasional Teluk Cenderawasih TipsnTrip.com | Wisata Taman Nasional Teluk Cenderawasih di Papua – …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>